Bagaimana Cara Menghitung Pajak Penjual Dalam Jual Beli Rumah?

Jika Anda sedang ingin menjual rumah, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu pajak penjual rumah. Hal ini sangatlah penting agar Anda bisa mempertimbangkan berapa saja biaya yang akan dikeluarkan ketika akan menjual rumah. Dengan begitu, hitung-hitungan harga yang Anda miliki akan bisa lebih disesuaikan sehingga kepuasan hati Anda akan lebih terwujud. Perlu diketahui, menjual rumah tetap akan terkena pajak. Besaran nilai pajaknya telah diketahui dengan sangat mudah bahkan hingga perhitungannya. Jika Anda belum tahu Cara Menghitung Pajak Penjual dalam Jual Beli Rumah, ikuti terus penjelasannya berikut ini.

Cara Menghitung Pajak Penjual dalam Jual Beli Rumah

Tidak sulit untuk mengetahui besaran pajak penjual yang harus ditanggung oleh Anda ketika ingin menjual rumah. Secara garis besar, perhitungan pajaknya hanya berupa pengalian 5 persen dengan nilai transaksi. Namun, ada dua hal yang perlu dicari terlebih dahulu informasinya yaitu soal NJOP rumah yang akan Anda jual dan juga nilai bangunan. Anda bisa meminta bantuan notaris untuk mengetahui nilai ini atau bisa juga melakukan pengecekan besaran nilai-nilai tersebut dari pihak terkait. Lalu, lakukan perhitungan untuk menemukan NPOP atau nilai transaksi. Caranya, Anda hitung luas tanah rumah Anda dan kalikan dengan NJOP. Lalu, Anda hitung luas bangunan Anda dan kalikan dengan nilai bangunan. Hasil keduanya Anda tambahkan dan jadilah NPOP atau nilai transaksi. Kemudian, nilai transaksi dari rumah Anda bisa langsung dikalikan dengan 5% dan itulah pajak penjual yang harus Anda bayar. Cara ini sangatlah sederhana dan tidak akan membuat Anda pusing untuk menemukan berapa pajak yang harus dibayarkan. Namun jika Anda ingin lebih terbantu, maka Anda bisa tanyakan ke Kantor Pelayanan Pajak atau bisa juga meminta bantuan notaris terdekat untuk mengurus semua urusan jual beli rumah Anda.

Itulah tadi ulasan tentang pajak penjual yang harus Anda ketahui ketika akan menjual rumah. Dengan penjelasan tersebut, diharapkan Anda bisa lebih menentukan berapa harga jual rumah Anda lebih tepat setelah mengerti besaran pajak yang harus Anda keluarkan nantinya.

Cara jual beli tanah warisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *